Minggu, 29 Januari 2012

Aneka Bonsai di Indonesia

aneka bonsai di Indonesia
















Kegiatan masyarakat bonsai Indonesia mulai menggeliat, menampakkan kehidupan kembali setelah relatif vakum beberapa tahun. Pameran dan kontes bonsai mulai sering digelar untuk event regional maupun nasional. Para pemburu dan pembudi daya bonsai juga semakin giat melakukan kegiatan pokok mereka memproduksi bahan bonsai untuk dijual kepada pedagang maupun kolektor bonsai.
Hal yang cukup menarik dalam geliat masyarakat bonsai Indonesia adalah munculnya kreativitas dari para colektor dan trainer dalam mengolah pohon bonsai mereka. Dari bonsai-bonsai yang muncul dalam pameran maupun kontes muncul nuansa pemberontakan positif terhadap seni bonsai yang selama ini didominasi bonsai-bonsai konvensional. Pemberontakan-pemberontakan dalam seni bonsai ini memunculkan bonsai-bonsai bergaya kontemporer/bebas/literati yang relatif keluar dari pakem bonsai konvensional selama ini.
Hasil dari kreativitas pebonsai kontemporer ini sungguh sangat mengejutkan dan menggembirakan. Banyak hasil karya seni bonsai beraliran kontemporer yang memiliki cita rasa seni yang tinggi, bahkan beberapa di antaranya mampu menjuarai kontes-kontes bertaraf internasional seperti ASPAC. Melihat fenomena ini rasanya patut disyukuri dan terus dipupuk serta dikembangkan agar bonsai Indonesia mampu bersaing dan unggul dalam ranah bonsai Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar